Kerajinan Limbah Plastik

ImageHost.org

KERAJINAN SAMPAH PLASTIK

Masalah sampah menjadi suatu sumber Masalah Yang sangat penting jikalau tidak ada pengelolaan yang baik Dari sebuah instansi, semisal di sebuah madrasah Salah satu parameter madrasah yang baik Adalah Berwawasan lingkungan. Didalamnya tidak terlepas dari Pengelolaan sampahnya. Di madrasah sampah bisa menjadi Media belajar.

Terdapat empat macam sampah:

  • Sampah organic semisal dedaunan diolah menjadi kompos,
  • Sampah kertas, terdiri dari kertas bungkus makanan dan HVS ,Bisa diolah menjadi bubur kertas atau kertas daur ulang.
  • Sampah logam bekas minuman kaleng dikumpulkan ,Dan ini banyak dicari oleh pemulung serta yang terakhir
  • Sampah plastic yang sebagian besar terdiri dari bungkus dan Botol minuman yang akan kita olah menjadi Sebuah kerajinan yang berupa pot unik.

Kebanyakan orang merasa bingung tentang pengelolaan sampah plastic. Daripada dibuang sia-sia ternyata ada juga manfaatnya, hitung-hitung untuk mengurangi polusi dan kerusakan alam, mengingat limbah plastik itu tidak bisa hancur jika sudah didalam tanah.

Cara pembuatannya relative gampang, yang penting harus mempunyai sentuhan seni tidak asal main bakar dan bentuk saja.


Alat-alat yang digunakan juga relative sederhana:

kompor kecil, wajan kecil, kayu, kuas, cat kayu (hitam, krom emas).

Cara kerjanya:

Yang pertama meyiapkan pot yang sudah jadi baru kemudian limbah plastic disangrai diatas kompor dengan menggunakan wajan,

  • Kalau sudah meleleh, maka lelehan tadi ditimpakan atau dilekatkan pada sisi luar pot dengan menggunakan bantuan kayu dan tempelanya terkesan abstrak.
  • Selanjutnya adalah proses pengecatan.
  • Sebagai cat dasarnya menggunakan cat warna hitam. Pengecatan juga tidak boleh sembarangan harus cat murni tidak boleh dicampur tinner. Jika memakai tinner, cat akan masuk ke pori-pori dan butuh waktu lama untuk kering.
  • Setelah cat dasar hitam selesai maka dilanjutkan dengan cat selanjutnya yakni cat krom warna emas/tembaga. Ini dimaksudkan supaya terkesan tua dan berumur.
  • Pot akan terkesan unik seperti terlihat berusia tua karena polesan catnya dan hiasannya terlihat abstrak dan alami. Jadi selesai sudah penanganan limbah plastic yang selama ini merisaukan kita semua.

Selamat berkarya !!!!!!!!!!

About these ads

23 Tanggapan

  1. tunjukkan kreativitas bangsa kita

  2. tambah dong yang lainnya

  3. ajib coy..

  4. Wah, idenya kreatif….boleh dicoba dunk?

  5. q mau donk belajar……?

  6. Terima kasih atas artikelnya, perlu banget buat siswa-siswi saya.

  7. ambil, copy n paste aj. ndak usah sungkan2. oyi?

  8. Merupakan kreatifitas produk yang dibuat dari limbah / bekas botol minuman dari plastik.

    Anda ingin membuat kerajinan dan Souvenir ?
    Mari kita belajar bersama…

    http://www.facebook.com/pages/Surabaya-Indonesia/Recycle-Bottle-Kerajinan-dari-Botol-Minuman/172546817510?v=wall&ref=ts

  9. Berbagai bentuk kerajinan dari botol plastik yang awalnya hanya berupa botol biasa (bekas botol minuman Aqua, Mizone, CocaCola, Sprite, Fanta, Cleo, Oxsigen, Hexagon dan lain-lain) dapat dikreasikan menjadi :
    - hiasan gantung
    - tempat lampu
    - frame foto
    - celengan lucu
    - tempat multifungsi
    - bunga artifisial
    - aksesori pernak-pernik cantik
    - dll
    Buku RECYCLE BOTTLE juga tersedia di toko-toko buku Gramedia dan TogaMas, dari jaringan penerbit Tiara Aksa.

  10. kalau mau DI ATM (Amati Tiru Modifikasi) aja

  11. salut, kalau boleh bagi bagi informasinya

  12. bagus bgt artikelnya,,,,,kreatif bgt,,,,,

  13. mau coba ah. trims idenya….

  14. itu karya anak bonza(kebon zalak) taw

  15. mbajug y moto copy dweke bonza

  16. mau tny pak: cairan pengencer plastik yang meleleh apa ya?

  17. mau tanya pak: plastik yg meleleh bs diencerkan dgn cairan apa ya?

  18. [...] Sumber : Babalism [...]

  19. aku juga bikin kerajinan dari sampah udah banyak, kalo boleh aku mau nitip barang kerajinan

  20. pengrajin kerajinan sampah plastik dan etnik super imajinatif hubungi deo 087727079070

  21. I just could not depart your web site prior to suggesting that
    I extremely enjoyed the standard information a person supply in your visitors?

    Is gonna be back steadily to check up on new posts

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: